Blog sebagai Media Pembelajaran

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa perubahan yang sangat signifikan terhadap berbagai dimensi kehidupan manusia, laki-laki maupun perempuan, tua-muda, anak-anak-dewasa, guru-siswi, dosen-mahasiswa, pengangguran sampai yang kerja kantoran, semua mengikuti kemajuan zaman, semua kenal internetan, baik melalui HP maupun komputer jaringan. Mereka kenal email, mereka akses ke facebook, twitter, flickr, bloger dan lain sebagainya. Mereka semua kenal google dan yahoo massanger.

Pada saat tulisan ini dibuat, peringkat yang dikeluarkan Alexa Page Rank saat ini, pengguna blogger menduduki peringkat pertama. Selanjutnya secara berturut-turut disusul oleh facebook, yahoo, twitter dan oleh google.

Pengguna facebook yang cukup besar ini merupakan potensi yang luar biasa untuk menjadi sasaran blog untuk media pembelajaran. Caranya adalah dengan mendesain blog yang juga terkoneksi dengan facebook. Hal ini bisa dilakukan pada wordpress ataupun blogspot dengan cara menambahkan beberapa plugin yang banyak beredar atau bahkan banyak template yang sudah menyediakan link ke faceboot, twitter, dan lain sebagainya. Publish to Facebook atau publish to twitter, berfungsi saat kita menambahkan tulisan pada blog kita, maka status terbaru pada Facebook atau twitter kita akan langsung berganti dengan judul tulisan yang kita buat. Skenarionya adalah, apabila para guru menuliskan posting terbarunya pada blog, maka status facebook atau twitternya akan langsung berubah dan para pelajar akan langsung mengetahui tulisan terbaru dari gurunya. Ini tentunya akan memicu kunjungan ke blog nya.

Skenario berikutnya adalah dengan mendesain blog agar mudah di akses melalui HP. Maraknya penggunaan Facebook selain karena karakter orang kita yang seneng ngeliat status orang lain sedang ngapain, juga karena semakin murahnya akses Facebook melalui HP dari kampanya para providernya. Nah dengan mendesain blog yang gampang diakses melalui HP, maka siswa tidak harus mengunjungi warnet untuk sekedar membaca tugas atau materi dari gurunya. Pada wordpress fasilitas ini telah disediakan melalui plugin WordPress Mobile Pack. Untuk blog ini silahkan anda coba melalui hp anda. Bisa nggak ….?

Alasan Mengintegrasikan Blog dalam pembelajaran

1. Berbagi informasi, berita, download, link dan yang lain
Apapun yang anda posting ke blog anda akan segera dapat diakses oleh siswa-siswi anda baik dari sekolah maupun dari rumah. Terlebih lagi, anda dapat dengan mudah mengatur siapa yang dapat mengaksesnya melalui password dan langkah-langkah privasi. Andapun bisa berbagi informasi dan pengalaman dalam pembelajaran dengan sesama guru melalui blog.

2. Memfasilitasi kolaborasi dan diskusi online
Melalui fasilitas online ini anda dapat membuat forum untuk berkomunikasi dengan siswa dan orang tua/wali. Siswa bisa menanggapi posting blog anda yang berisi materi pembelajaran. Siswa dapat bertanya dan mendiskusikan topik-topik, usulan-usulan dan lain sebagainya melalui komentar sederhana. Orang tua pun bisa menanyakan perkembangan prestasi putra-putrinya di sekolah melalui email, atau memberikan saran untuk kemajuan sekolah melalui blog sekolah atau email sekolah.

3. Publikasi kelas dan sekolah
Melalui blog sekolah, maka program-program sekolah bisa ditampilkan dan disosialisasikan. Perkembangan dan kemajuan-kemajuan sekolah bisa ditampilkan. Karya siswa bisa dipajang dan dipublikasikan di blog sekolah sehingga masyarakat akan mengetahui dan lebih mengenal sekolah dan prestasi siswa-siswinya. Baik yang disajikan melalui tulisan maupun melalui video, podcast, dan media lainnya.

About sainsmediaku
Guru IPA MTs. Negeri Slawi Kab. Tegal, Lahir di Tegal, 20 Mei 1967

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: