RPP Kemagnetan 4.2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Madrasah               :   MTs. Negeri Slawi
Kelas / Semester :   IX (Sembilan) / Semester II
Mata Pelajaran     :   IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu       :   3 X 40’ ( 2X Pertemuan )

Standar Kompetensi : 4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar : 4.2. Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi.

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:

  1. Menjelaskan pengertian elektromagnet.
  2. Menyebutkan faktor mempengaruhi kekuatan medan magnet yang dihasilkan elektromagnet.
  3. Menjelaskan aplikasi elektromagnet dalam beberapa produk teknologi.
  4. Menjelaskan pengertian gaya Lorentz.
  5. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya gaya Lorentz.
  6. Menentukan besar dan arah gaya Lorentz.
  7. Menjelaskan aplikasi gaya Lorentz dalam kehidupan sehari-hari.

 Karakter siswa yang diharapkan :

  • Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ), Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Pembelajaran
Kemagnetan

C. Metode Pembelajaran

  1. Model : – Direct Instruction (DI), Cooperative Learning
  2. Metode : – Diskusi kelompok, Ceramah, Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan

  • Motivasi dan Apersepsi:
  • Mengapa medan magnet dapat timbul pada magnet yang dialiri arus listrik?

Prasyarat pengetahuan:   Apakah yang dimaksud dengan elektromagnet?

b. Kegiatan Inti

Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  1. Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
  2. Menjelaskan pengertian medan listrik.
  3. Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan faktor mempengaruhi kekuatan medan magnet yang dihasilkan elektromagnet.
  4. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
  5. Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
  6. Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
  7. Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  1. Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  2. Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
  3. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  4. Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  5. Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  6. Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  7. Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  8. Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
  9. Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
  10. Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

 

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:

  • bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
  • melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
  • memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  • merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
Motivasi dan Apersepsi:
• Faktor apakah yang mempengaruhi besarnya gaya Lorentz?
• Prasyarat pengetahuan:
• Apakah yang dimaksud dengan gaya Lorentz?

b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • Menjelaskan pengertian gaya Lorentz.
  • Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya gaya Lorentz.

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gaya Lorentz.
  • Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya gaya Lorentz.
  • Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai cara menentukan arah gaya Lorentz.
  • Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan gaya Lorentz pada kawat yang berarus yang disampaikan oleh guru.
  • Guru memberikan beberapa soal menentukan gaya Lorentz pada kawat yang berarus untuk dikerjakan oleh peserta didik.
  • Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
  • Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan aplikasi gaya Lorentz.
  • Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan aplikasi gaya Lorentz dalam kehidupan sehari-hari.
  • Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
  • Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  • memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
  • memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
  • memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
  • memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
  • berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
  • membantu menyelesaikan masalah;
  • memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
  • memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
  • memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:

  1. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
  2. Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
  3. Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar

  1. Buku IPA Terpadu
  2. Buku referensi yang relevan
  3. Lingkungan

About sainsmediaku
Guru IPA MTs. Negeri Slawi Kab. Tegal, Lahir di Tegal, 20 Mei 1967

One Response to RPP Kemagnetan 4.2

  1. A. Mafrokhi says:

    Minta RPP IPS dong ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: